Ekspansi Ritel Berlanjut, ERAL Catatkan Pertumbuhan Penjualan 21,5% YoY!

PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) mengumumkan laporan keuangan untuk periode enam bulan pertama di tahun 2024 dengan capaian positif berupa penjualan bersih sebesar Rp2,12 triliun atau naik 21,5% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,74 triliun. Di tengah periode ekspansi bisnis, ERAL juga melaporkan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp90,1 miliar dengan margin laba bersih sebesar 4,3%.

Djohan Sutanto, Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras, Tbk., mengatakan, “ERAL optimistis bahwa tren positif dari performa bisnis Perseroan selama Semester 1 2024 akan berlangsung hingga akhir tahun. Di tengah kondisi makroekonomi yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, Perseroan tetap tumbuh dan berkembang melalui ekspansi jaringan ritel dan portofolio bisnis. Tentunya semua dilakukan melalui pertimbangan yang cermat dengan menyasar segmen konsumen yang tepat.”

Dari bulan Januari hingga Juni 2024, ERAL memperkokoh bisnisnya dengan melebarkan jaringan ritel serta memperkenalkan bisnis baru untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dari pelanggan setia. Secara bersamaan, ERAL mengembangkan portofolio bisnis melalui kategori smart seperti Urban Republic, kategori active dengan ASICS, MST Golf dan Urban Adventure, serta kategori lifestyle meliputi 6IXTY8IGHT dan JD Sports.

ERAL terus membangun jaringan ritel dengan menambah 25 gerai baru selama Semester 1 2024 sehingga kini mengoperasikan total 141 gerai di Indonesia. Jumlah gerai yang berada di luar Pulau Jawa dan Bali mencapai 35 gerai atau 25% dari total gerai yang ada.

Perseroan melakukan sejumlah inisiatif untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang optimal, salah satunya dengan memberikan pengalaman yang lebih engaging bagi pelanggan setia melalui event yang digelar bersamaan dengan ekspansi gerai. Beberapa contohnya adalah peresmian gerai ASICS di berbagai daerah seperti Bandung, Pekanbaru dan Pontianak diiringi oleh aktivitas running session serta tennis session. Begitu pula dengan peresmian gerai MST Golf Premium di Jakarta juga didampingi oleh aktivitas longest drive competition.

Inisiatif lainnya adalah demand generation program, seperti dilakukan oleh Urban Republic yang merayakan ulang tahunnya ke-8 dengan menggelar rangkaian aktivitas meliputi permainan dengan hadiah menarik untuk pengunjung gerai, promo belanja, kegiatan CSR dan aktivitas melibatkan komunitas. Urban Republic turut hadir dalam perhelatan Jakarta Fair Kemayoran 2024 dengan menawarkan promo menarik kepada para pengunjung booth.

ERAL selalu melibatkan komunitas dalam berbagai aktivitas untuk membangun loyalitas sekaligus mendapatkan insight berharga dari pengguna langsung untuk pengembangan bisnis. Selama Semester 1 2024, Perseroan sudah menggelar 104 kegiatan baik offline maupun online bersama komunitas dari berbagai kategori seperti olahraga, gaming, fotografi dan content creator.

Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilakukan adalah URMazing Run 2024 dengan peserta lebih dari 300 orang. Perhelatan tersebut menjadi kesempatan untuk membangun kedekatan dengan komunitas sekaligus memperkenalkan produk terbaik dari merek-merek seperti ASICS, GARMIN, IT (Immersive Tech) dan JD Sports.

(Rutinitas Media)