Bank DBS Tunjuk “Tan Su Shan” Sebagai Deputy CEO

DBS Bank Ltd. (Bank DBS) mengumumkan penunjukan Tan Su Shan sebagai Deputy CEO, yang akan menjalankan peran ini bersama tanggung jawabnya sebagai Group Head of Institutional Banking. Beliau akan menggantikan Piyush Gupta sebagai CEO ketika beliau pensiun pada rapat umum tahunan yang akan datang pada 28 Maret 2025.

Tan Su Shan, yang saat ini berusia 56 tahun, membawa pengalaman lebih dari 35 tahun dalam perbankan konsumer, wealth management, dan perbankan institusional ke posisi barunya. Selain berkarir di Singapura, beliau juga memiliki pengalaman bekerja di pusat-pusat keuangan global seperti Hong Kong, Tokyo, dan London.

Tan Su Shan bergabung dengan Bank DBS pada tahun 2010 dan memainkan peran kunci dalam membangun bisnis Wealth Management selama tiga tahun pertamanya. Selanjutnya, beliau memimpin bisnis perbankan ritel dan institusional, yang secara kolektif menyumbang 90 persen dari pendapatan Bank DBS. Di bawah kepemimpinannya, strategi digitalisasi bank di berbagai lini bisnis berhasil diimplementasikan. Sejak 2014, beliau juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Bank DBS Indonesia, memperkuat posisi bank di kawasan ini.

Di luar perannya di Bank DBS, Tan Su Shan memiliki pengalaman yang luas dalam berbagai dewan di bidang pemerintahan, pendidikan, dan kepemimpinan perempuan, serta pernah menjadi Anggota Parlemen Singapura pada 2012-2014. Lulusan Universitas Oxford ini juga mengikuti program kepemimpinan di Harvard dan Stanford, menambah keahlian dan wawasan globalnya.

Penunjukan Tan Su Shan sebagai Deputy CEO merupakan hasil dari proses suksesi yang telah berjalan selama satu dekade, di mana sejumlah kandidat internal menjalani program pengembangan intensif. Setelah melalui evaluasi menyeluruh, Tan Su Shan dinilai sebagai kandidat terkuat, mengungguli pesaing internal maupun eksternal lainnya.

Chairman Bank DBS Peter Seah mengatakan, “Di bawah kepemimpinan Piyush, Bank DBS telah bertransformasi menjadi institusi yang berkinerja tinggi dengan imbal hasil tinggi yang diakui stabilitas dan inovasinya. Orientasi strategis Tan Su Shan, rekam jejaknya dalam membangun bisnis, kefasihannya dengan teknologi, kemampuan kepemimpinan, serta kemampuannya dalam manajemen dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan yang kuat membuatnya menjadi penerus yang ideal. Yang terpenting bagi kami, beliau juga mewujudkan budaya Bank DBS. Saya senang bahwa seorang warga negara Singapura dengan pengalaman global telah muncul sebagai kandidat terbaik untuk memimpin sebuah institusi Singapura yang ikonik dan membangun warisan yang akan ditinggalkan oleh Piyush.”

CEO Bank DBS Piyush Gupta mengatakan, “Tan Su Shan telah bekerja sama dengan saya selama lebih dari satu dekade untuk membawa bank ini ke posisinya sekarang. Beliau berperan penting dalam membangun bisnis Wealth Management, perbankan ritel dan perbankan institusional sejak beliau bergabung, dan mengambil tanggung jawab secara pribadi untuk mengoperasionalkan strategi digitalisasi kami. Dengan penunjukan beliau, kami yakin bahwa transformasi Bank DBS akan terus berlanjut di masa depan.”

Deputy CEO Bank DBS Tan Su Shan mengatakan, “Saya merasa sangat terhormat telah dipilih untuk menggantikan Piyush. Memimpin transformasi Bank DBS yang berkelanjutan merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab yang luar biasa. Beberapa bulan setelah Piyush bergabung sebagai CEO, ia menelepon untuk mengajak saya bergabung dengan Bank DBS. Saya menjawab ajakan tersebut dan keluar dari bank asing tempat saya bekerja keesokan harinya. Bergabung dengan Bank DBS terasa seperti pulang ke rumah–Bank DBS adalah bank tempat saya dibesarkan, dan juga perusahaan tempat saya pertama kali magang. 14 tahun terakhir merupakan perjalanan yang luar biasa. Saya bangga dengan misi pendirian Bank DBS–membiayai pertumbuhan Singapura–dan akan terus memastikan bahwa Bank DBS menjadi merek yang berdiri tegak tidak hanya di Asia, tetapi juga di tingkat dunia.”

(Rutinitas Media)