Laptop Gaming Next-Level AI PC dari ASUS ROG Segera Hadir!

ASUS Republic of Gamers (ROG) melalui acara Next-Level Gaming Media Sneak Peek secara resmi mengumumkan kehadiran dua laptop gaming di Indonesia, yaitu ROG Zephyrus G16 (GA605) dan TUF Gaming A14 (FA401). Keduanya ditenagai prosesor AMD Ryzen™ AI 300 Series yang dirancang untuk menghadirkan performa terbaik dalam komputasi modern. Seperti apa kira-kira performanya?

Dari sisi prosesor, AMD Ryzen™ AI 300 Series dibangun dengan arsitektur Zen 5 dan teknologi 4nm yang menawarkan hingga 12 core serta dilengkapi dengan grafis AMD RDNA 3.5. Bisa dikatakan memori on-chip meningkat sebesar 50% dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga Ryzen AI 300 Series mampu berikan kinerja yang lebih baik sekaligus efisien.

Untuk Artificial intelligence (AI), proses AMD akan memberikan kemampuan pemrosesan AI hingga 50 TOPS melalui NPU-nya. Sehingga ROG Zephyrus G16 (GA605) dan TUF Gaming A14 (FA401) dapat dikategorikan sebagai Next-Level AI PC.

ROG Zephyrus G16 (GA605)

ROG Zephyrus G16 (GA605) merupakan laptop gaming Copilot+ PC tipis dan ringan yang hadir dengan desain modern. Miliki bobot 1,85kg dan dimensi setipis 1,49cm laptop ini menggunakan CNC-machined chassis yang kokoh. Keyboard edge-to-edge dengan tombol dan touchpad yang diperbesar, berikan kenyamanan ekstra untuk para gamer. Dari sisi audio, kualitas ditingkatkan dengan dukungan Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar.

Prosesor sudah disebutkan menggunakan AMD Ryzen™ AI 300 Series, dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070. Kombinasi keduanya bisa bawa kamu menjalankan berbagai aktivitas berat, seperti bermain game, proses rendering, hingga eksperimen AI. Layar ROG Zephyrus G16 (GA605) menggunakan ROG Nebula Display dengan panel OLED dan teknologi VRR. Dengan refresh rate variabel melalui NVIDIA G-SYNC, dapat dipastikan layar ini miliki pengalaman yang bebas tearing dan stuttering. Sedangkan panel OLED menawarkan akurasi warna tinggi dengan 100% DCI-P3, response time 0.2 ms, serta dukungan HDR dan sertifikasi industri.

Sehingga laptop ROG Zephyrus G16 (GA605) merupakan pilihan terbaik bagi para gamer dan juga kreator yang ingin sebuah laptop gaming dengan performa dan kualitas visual terbaik.

TUF Gaming A14 (FA401)

TUF Gaming A14 (FA401) hadir menjadi laptop gaming 14 inci paling tipis di kelasnya, dengan ketebalan hanya 1,69cm dan bobot sekitar 1,46kg saja. Seperti biasa, laptop ini masih mengusung konstruksi yang tangguh karena lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade. Kuat, kokoh dan ramping tidak menurunkan kenyaman dari TUF Gaming A14 (FA401), dimana keyboard laptop ini miliki travel distance optimal serta touchpad yang lebih lebar untuk kenyamanan produktivitas sehari-hari.

Prosesor sudah disebutkan menggunakan AMD Ryzen™ AI 300 Series dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060. Kombinasi keduanya mampu menangani game berat modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya. Sedangkan fitur-fitur Next-Level AI hadir untuk mempermudah pengguna dalam mengelola berbagai tugas dan aktivitas sehari-hari. ASUS TUF Gaming A14 (FA401) juga miliki sistem pendingin efisien untuk memastikan performa laptop tetap stabil meskipun dalam sesi bermain game yang panjang.

Layar 14 inci TUF Gaming A14 (FA401) sudah mendukung refresh rate tinggi dan akurasi warna yang baik. Dukungan Adaptive-Sync membawa pengalaman bermain game bebas tearing dan stuttering.

Kamu pilih ROG Zephyrus G16 (GA605) atau TUF Gaming A14 (FA401)? Detail terkait harga dan informasi lainnya akan diumumkan pada acara peluncuran tanggal 22 Agustus 2024 mendatang.

(Rutinitas Media)