ROG Ally X Segera Hadir di Indonesia, Bawa Ragam Peningkatan Signifikan!

ASUS Republic of Gamers (ROG) siap menghadirkan ROG Ally X untuk market di Indonesia. Buat teman-teman yang belum tahu, ROG Ally X merupakan versi terkini dari handheld gaming PC yang cukup digemari di Indonesia, yakni ROG Ally. Pembaruan apa yang membedakan ROG Ally X dengan ROG Ally pendahulunya? Apa alasan ASUS ROG menghadirkan versi terbaru ini?

Melalui acara Next-Level Gaming Media Sneak Peek yang berlangsung 19 Agustus 2024, ASUS membeberkan bahwa semua upgrade yang dihadirkan pada ROG Ally X merupakan hasil dari berbagai masukan para gamer yang telah menggunakan ROG Ally.

Poin pertama yang mendapatkan peningkatan secara signifikan adalah bagian penyimpanan, dimana ROG Ally X dilengkapi dengan SSD M.2 2280 PCle Gen4 dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari pendahulunya, yakni 1TB. Sedangkan memorinya, diperkuat dengan 24GB LPDDR5X-7500, sehingga mampu memberikan kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi, sehingga berdampak langsung pada peningkatan performa gaming.

Peningkatan kapasitas dan kecepatan memori tak hanya berdampak pada kinerja secara keseluruhan, tetapi juga secara langsung mempengaruhi performa iGPU Radeon™ yang terdapat di dalam Ryzen Z1 Extreme™. Menggunakan memori sebesar 24GB, ROG Ally X mampu menghadirkan VRAM sebesar 8GB, sementara sisa 16GB lainnya digunakan untuk menjalankan game dan aplikasi secara lancar.

Dari sisi daya tahan penggunaan, ROG Ally X miliki kapasitas baterai yang lebih besar dua kali lipat dari pendahulunya, yitu 80Wh. Sehingga para gamer dapat menikmati waktu bermain game lebih lama, tanpa perlu khawatir baterai cepat habis. Fun Fact dari ROG Ally X ini, meskipun terdapat peningkatan dari sisi baterai, memori, sekaligus penyimpanan, namun tidak membuat handheld gaming PC ini menjadi sangat berat. Kamu tidak perlu khawatir, karena bobotnya hanya bertambah sekitar 70 gram saja menjadi 678 gram.

Desain dari ROG Ally X ditingkatkan, terutama pada bagian tombol dan joystick untuk memberikan kenyamanan para gamer saat menggunakannya. Bagian hand grip miliki sudut lebih tajam, berikan kenyamanan saat digenggam. Tombol M1 dan M2 ukurannya diperkecil dengan posisi yang diperbaiki, sehingga mengurangi kemungkinan para gamer melakukan salah tekan tombol. Warna hitam membalut ROG Ally X yang tampil elegan, sesuai permintaan para gamer kebanyakan.

Komponen untuk tombol dan joystick ROG Ally X juga diganti dengan yang lebih tangguh, dimana bagian pegas pada tombolnya diganti menjadi lebih tebal, sekaligus modul joystick-nya miliki tingkat durabilitas hingga 5 juta kali putar. Tombol D-Pad di ROG Ally pun tak luput dari upgrade dan desain terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan gamer.

Kabar baik lainnya, kini port pada ROG Ally X diperbanyak, sehingga handheld ini tidak memerlukan lagi dukungan ROG XG Mobile. Dua port USB Type-C, salahs atunya mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt yang menawarkan fleksibilitas lebih baik.

Sistem pendingin yang lebih baik dihadirkan pada ROG Ally X, dengan dua kipas khusus berukuran 23% lebih kecil dibandingkan ROG Ally. Kecil bukan berarti lebih lemah, pasalnya kipas-kipas tersebut mampu mengalirkan udara 24% lebih baik sehingga meningkatkan sistem pendinginan yang lebih maksimal. Memungkinkan ROG Ally X beroperasi dengan suhu hingga 6 derajat lebih rendah daripada generasi sebelumnya.

Penasaran dengan harga ROG Ally X? Kamu wajib menunggu karena peluncurannya baru akan dilakukan pada 22 Agustus 2024 mendatang.

(Rutinitas Media)