Sukro, brand snack ternama, secara resmi mengumumkan dukungannya terhadap industri esports dengan menjadi snack resmi Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia. Langkah ini menegaskan komitmen Sukro dalam mendukung pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia, yang kini semakin berkembang pesat.
Keikutsertaan Sukro dalam dunia esports telah memasuki tahun kedelapan. Pada tahun 2024, mereka berhasil menggelar turnamen Mas Sukro Cup yang diikuti oleh lebih dari 4.644 peserta. Tahun ini, Sukro semakin memperluas visinya dengan berperan lebih aktif dalam mendukung pemain profesional agar dapat bersaing di kancah internasional.
“Bentuk dukungan ini merupakan wujud nyata dari konsistensi Sukro dalam menginspirasi dan mendukung anak muda Indonesia untuk melakukan aktivitas dan minat positif, melalui esports. Tahun 2024, kami berhasil mengadakan Mas Sukro Cup yang diikuti oleh 4,644 orang peserta dan di tahun 2025 ini, kami ingin memperluas Visi kami dalam mewujudkan mimpi-mimpi anak muda, dan bentuk dukungan kami ini, kami harapkan menjadi fasilitas bagi anak-anak muda Indonesia untuk meningkatkan komitmennya sebagai pemain professional untuk semakin berprestasi dan juga mengharumkan nama bangsa di turnamen-turnamen esports dengan skala internasional,” ujar Emmanuel Dean, Deputy Marketing Director dari PT. Dua Kelinci. “Kami juga melihat bahwa komunitas Mobile Legends: Bang Bang memiliki persentase yang cukup beşar dalam industri esports di Indonesia dan kami ingin agar Visi dan misi kami bisa menjangkau lebih luas dan banyak lagi anak-anak muda di Indonesia.“
Kolaborasi Strategis dengan MPL dan RRQ
Kolaborasi antara Sukro dan MPL Indonesia mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk Moonton Indonesia selaku pengembang gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Azwin Nugraha, Public Relations & Communications Manager Moonton Indonesia, menyebut kerja sama ini sebagai langkah penting dalam menciptakan ekosistem esports yang lebih sehat dan profesional. “Sukro. Awal terbentuknya MPL bertujuan untuk menciptakan ekosistem esports Mobile Legends: Bang Bang yang sehat. Durasi turnamen yang cukup panjang, tentu menjadi suatu hal yang menarik juga, dimana kita bisa lihat bahwa untuk dapat melahirkan pemain yang berkualitas, dibutuhkan latihan secara terus menerus yang diimbangi dengan pengetahuan dan juga strategi mengenai gim itu sendiri. Hal ini tentu sap sejalan dengan Visi misi dari Sukro, yaitu untuk mendukung dan menjadi wadah bagi anak-anak muda untuk melakukan aktifitas dan juga minat yang positif melalui esports. Kami juga yakin bahwa kerjasama ini tentu akan meningkatkan presence dan juga kredibilitas MPL dan juga Sukro ke anak-anak muda Indonesia.“
Selain menjadi bagian dari MPL Indonesia, Sukro juga telah lama mendukung tim esports terkemuka, Rex Regum Qeon (RRQ). Dukungan ini memasuki tahun ketujuh dan diharapkan terus berlanjut sebagai bentuk komitmen Sukro terhadap industri esports nasional.
“Kami sangat senang dan juga bahwa ini adalah bukti komitmen Sukro yang terus mendukung anak-anak muda Indonesia untuk berprestasi, khususnya dalam bidang esports. Sukro paham betul bahwa perjalanan menjadi pemain profesional bukanlah jalan yang mudah dan singkat, tapi dibutuhkan kerja keras dan juga komitmen penuh untuk menjadi pemain profesional yang berkualitas. Kami sungguh senang bahwa Sukro memiliki peran dan turut andil dalam perjalanan pemain-pemain kami menjadi pemain-pemain berkualitas yang juga bisa mewakili Indonesia di dalam skala internasional. Ini menekankan juga, bahwa untuk dapat terciptanya ekosistem esports yang sehat dan semakin berkembang, pentingnya kolaborasi dan sinergi antara gim developer dan publisher, bersama dengan brand dan juga tim esports.” ujar Adrian Pauline, Co-Founder dan CEO RRQ.
Dorong Talenta Baru, Sukro Berikan Tiket ke Turnamen MICC
Sebagai bentuk dukungan lebih lanjut terhadap industri esports Indonesia, Sukro mengumumkan bahwa pemenang turnamen Mas Sukro Cup selanjutnya akan mendapatkan tiket khusus ke Mobile Legends: Bang Bang International Championship Cup (MICC). MICC merupakan turnamen preliminary bagi para pemain profesional Mobile Legends Development League (MDL) hingga MPL, memberikan kesempatan bagi talenta-talenta baru untuk unjuk kemampuan di level internasional.
“Dengan dukungan yang diberikan oleh Sukro bagi pertumbuhan dan perkembangan esports di Indonesia, bersama dengan MPL Indonesia dan tim RRQ dapat membawa anak-anak muda Indonesia untuk semakin berani bermimpi, bisa mewujudkan mimpi tersebut dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kami juga ingin secara resmi mengumumkan, bahwa akan ada special ticket untuk pemenang turnamen Mas Sukro Cup season selanjutnya, untuk bisa langsung berlaga di event Mobile Legends: Bang Bang bergengsi Iainnya, yaitu MICC! Event MICC ini adalah sebuah turnamen preliminary dari pemain professional MDL ataupun MPL,” Emmanuel Dean, Deputy Marketing Director PT. Dua Kelinci menambahkan.
Langkah ini mendapat apresiasi dari Moonton Indonesia, yang optimistis kerja sama ini akan semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama dalam industri esports global. “Dengan terus berkembangnya komunitas Mobile Legends: Bang Bang, kami selalu terinspirasi bagaimana mereka berinteraksi dengan gim kami, baik melalui pertandingan-pertandingan yang intens, konten-konten yang menarik ataupun dinamisme dari tim profesional itu sendiri dan kerjasama ini adalah awal yang baik bagi perkembangan dan kemajuan dari MPL ID itu sendiri dan kami tidak sabar untuk menjalani musim di tahun ini bersama dengan Sukro,” Azwin Nugraha menjelaskan.
Harapan tersebut juga diungkapkan Adrian Pauline, selaku Co-Founder dan CEO RRQ, “Sebagai salah satu tim esports dengan komunitas terbesar di Indonesia dimana persentase komunitas kami didominasi oleh fans Mobile Legends: Bang Bang, kami turut senang atas kerjasama antara Sukro dan MPL Indonesia. Kami berharap bahwa kemitraan ini terus terbina dengan kuat dan secara terus menerus dapat memberikan pengalaman yang terbaik bagi tim’ komunitas dan juga fans kami – baik melalui berbagai aktivasi yang menarik, konten-konten eksklusif, ataupun inisiatif-inisiatif Iainnya yang fokus kepada komunitas.“
Bergabungnya Sukro sebagai snack resmi MPL Indonesia, serta kerja sama yang berkelanjutan dengan RRQ, menandakan bahwa brand yang digemari anak muda ini semakin menegaskan perannya dalam mendukung industri esports Tanah Air. Melalui turnamen Mas Sukro Cup dan tiket eksklusif ke MICC, Sukro memberikan kesempatan lebih luas bagi talenta muda Indonesia untuk berkembang dan bersaing di tingkat global.
(Rutinitas Media)